Pages

Saturday, September 24, 2011

Ilmu Sosial Dasar

Pengertian Ilmu
Ilmu atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.
Secara Etimologi, kata ILMU berasal dari bahasa arab yaitu "ILM" yang artinya memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan katanya, ilmu pengetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan, dan ilmu sosial dapat berarti mengetahui masalah-masalah sosial, dan sebagainya.

Pengertian Ilmu Sosial Dasar 
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupan sosial yang muncul dan berkembang yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang ditimbulkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta,konsep,teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial.

Sumber semua ilmu adalah filsafat/filosofi yang merupakan dasar, lalu lahirlah 3 cabang ilmu pengetahuan yaitu:
  • Natural Science: meliputi fisika, kimia, biologi, astronomi (IPA)
  • Social Science  : meliputi sosiologi, politik, ekonomi, sejarah, psikologi (IPS)
  • Humanities        : meliputi bahasa, budaya, agama, kesenian, kesusastraan.
    • Ilmu-ilmu Alamiah ( Natural Scince ) : Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan.
    • Ilmu-ilmu sosial ( Social Scince ) : ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah.
    • Pengetahuan budaya ( The Humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.
Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.
Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiridan juga ia tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu social diatas.
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau program pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan bahan pendidikan di perguruan tinggi di Indonesia.

Latar Belakang Diberikannya Mata Kuliah ISD di Perguruan Tinggi
1. Banyaknya kritik yang ditunjukkan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi bahwa sistem pendidikan yang diberikan masih berbau kolonial dan warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda. Yang pendidikannya bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil untuk menjadi tukang yang mengisi birokrasi mereka.
2. Sistem pendidikannya masih tidak mengenali dimensi – dimensi lain di luar disiplin keilmuannya. Perguruan tinggi dianggap seolah – olah tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya sertak perkembangan masyarakat.

Tujuan ISD
ISD membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan ciri2 kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dgn sikap dan tingkah laku manusia dlm menghadapi manusia2 lain, serta sikap dan tingkah laku manusia2 lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.Adapun konsepnya yaitu:
1.      Mengetahui caranya agar mahasiswa mengerti dan sadar akan kenyataan dan masalah sosial yang tengah terjadi di masyarakat.
2.      Sebagai contoh agar mahasiswa lebih responsif pada masalah kenyataan sosial dan langsung mengambil sikap untuk ikut serta dalam usaha menanggulanginya.
3.      Memahami dan menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul di tengah masyarakat pasti bersifat berkesinambungan dan interdispliner.
4.      Memahami pemikiran-pemikiran dari ahli bidang ilmu pengetahuan dan berhubungan dengan para ahli dalam hal penanggulangan masalah sosial yang ada di masyarakat.

Perbedaan Ilmu Sosial Dasar  dengan Ilmu Pengetahuan Sosial
1.      Ilmu Sosial Dasar (ISD) di pelajari pada saat  di Perguruaan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di pelajari pada saat di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah.
2.      Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah sebuah materi mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar (IPS) merupakan kelompok dari sejumlah materi  mata pelajaran.
3.      Ilmu Sosial Dasar (ISD) di siapkan unutk pembangunan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan social (IPS)  di arahkan untuk  pembangunan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

Persamaan Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
1.      ISD dan IPS adalah  bahan studi untuk kepentingan pendidikan.
2.      ISD dan IPS adalah sebuah ilmu disiplin yang tidak dapat berdiri sendiri.
3.      ISD dan IPS memiliki materi yang terdiri dari bagian kenyataan sosial dan masalah sosial.

Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah social, untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial hendaknya kita memahami dan mengidentifikasi kenyataan-kenyataan social. Maka dari itu Ilmu Sosial Dasar dibagi menjadi tiga golongan yaitu:
1.      Kenyataan-kenyataan sosial yang ada di dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2.      Konsep-konsep sosial atau pengertian tentang kenyataan-kenyataan dibatasi pada konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial.
3.      Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang barkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Pokok Bahasan ISD
1. Pengertian, latar belakang serta ruang lingkup pembahasan.
2. Sekilas tentang ilmu2 sosial, IPS, ilmu sosial, dan ISD.
3. Penduduk, masyarakat dan kebudayaan.
4. Individu, keluarga, dan masyarakat.
5. Pemuda dan sosialisasi serta peranan pemuda dalam pembangunan masyarakat.
6. Peranan pendidikan dlm pembangunan.
7. Warga negara dan negara.
8. Pelapisan sosial desa, kesamaan derajat.
9. Desa, masyarakat kota dan pembangunan pedesaan.
10. Kota, masyarakat kota, dan pembangunan perkotaan.
11. Pertentangan-pertentangan sosial.
12. Integrasi sosial dan integrasi nasional.
13. Pembangunan dan perubahan sosial.
14. Ilmu pengetahuan, teknologi dan kemiskinan.

  MKDU Ilmu Sosial Dasar, Gunadarma