Pages

Tuesday, May 8, 2012

Manusia dan Harapan

Harapan dan manusia tidak dapat dipisahkan, manusia yang terahir ke dunia ini pasti memiliki harapan atau keinginan yang ingin dia raih, meski tidak semua harapan dapat dilakukan. Suatu harapan yang dimiliki manusia pasti berbeda-beda, baik tujuan maupun kegunaan harapannya. Seseorang yang memiliki harapan berlebihan atau tinggi pasti akan banyak ditertawakan orang, meski pada dasarnya keberhasilan suatu harapan tergantung orang tersebut mau berusaha mencapainya serta faktor lain yang mendukung harapan itu sendiri.

Pengertian Harapan

Harapan berasal dari kata harap, merupaka bentuk dasar dari kepercayaan atau sesuatu yang diinginkan atau didapat di waktu mendatang.
sebagai contoh Adi ingin mendapat nilai A pada mata kuliah tertentu, maka dari itu dia harus rajin belajar dan bertanya, harapan Adi mendapat nilai bagus adalah sebuah harapan, sedangkan belajar rajin adalah usaha untuk mencapai harapan tersebut.

Sebab Manusia mempunyai Harapan

Manusia terlahir ke muka bumi dengan suatu pergaulan hidup, kodratnya manusia adalah mahluk sosial. Seseorang tentu saja berkembang secara fisik, mental, spiritual karena pergaulan hidup, keadaan sosial di sekitarnya. Ada 2 hal yang menyebabkan manusia memiliki harapan, yaitu dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup.
Kodrat adalah sifat yang dibawa manusia sejak lahir, dengan kodrat manusia memiliki harapan serta keinginan, seperti tertawa,menangis, bahagia dll. dengan kodrat inilah manusia mampu bergaul dan hidup di tengah2 masyarakat.
Kebutuhan Hidup merupakan kebutuhan jasmani dan rohani, untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia harus berinteraksi serta bekerja sama dengan manusia lain karena manusia adalah mahluk sosial serta tidak dapat hidup sendiri tanpa ada bantuan orang lain.



referensi:
MKDU Ilmu Budaya Dasar
http://id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment