Pages

Saturday, March 31, 2012

Manusia dan Cinta Kasih

Cinta, setiap orang pasti tak asing lagi dengan satu kata ini, sebuah perasaan emosional yang diberikan oleh Tuhan kepada mahlukNya agar bisa saling mengasihi.


PENGERTIAN CINTA

Cinta adalah sebuah perasaan emosi dari kasih sayang dan satu kata yang mengandung perasaan yang rumit yang dimiliki oleh semua mahluk, setiap individu mungkin mempunyai makna yang berbeda karena cinta bersifat subyektif tergantung penghayatan serta pengalamannya. Sebenarnya istilah Cinta dalam masyarakat Indonesia dan Malaysia masih dipengaruhi istilah Love dalam bahasa inggris, Love mengacu kepada 4 arti untuk eros, philia, agape dan storge. 
Cinta yang lebih cenderung kepada romantis, asmara dan hawa nafsu; eros
Sayang lebih cenderung kepada teman-teman dan keluarga; philia
Kasih lebih cenderung kepada Tuhan dan keluarga; agape
Semangat Nusa yang cenderung kepada patriotisme, nasionalisme, dan narsisme; storge 


Menurut KBBI karya WJS Poerwadarminta, Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada). Ataupun rasa sangat kasih atau sangat terrarik hatinya sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. 


Menurut Erich Fromm ada lima syarat untuk mewujudkan cinta kasih yaitu:


  • Perasaan
  • Pengenalan
  • Tanggung Jawab
  • Perhatian
  • Saling Menghormati

UNSUR DALAM CINTA

Pengertian tentang cinta dikemukakan  juga oleh Dr. Sarlito W. Sarwono, dikatakan bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu: keterikatan. Keintiman, dan kemesraan.  Yang dimaksud dengan  keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia, kalau janji dengan dia harus ditepati. Unsur yang kedua adalah  keintiman  yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan-panggilan formal seperti bapak,  ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan, sayang dan sebagainya.Makan minum dari satu piring, cangkir tanpa rasa risi, pinjam meminjam baju, saling memakai uang tanpa rasa berhutang, tidak saling  menyimpan rahasia  dan lain-lainya. Unsur yang ketiga adalah kemesraan, yaitu adanya rasa ingin membelai dan dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan ucapan yang mengungkapkan rasa sayang,dan seterusnya.

Tanda-tanda Cinta

Cinta merupakan hal yang sangat subyektif, satu orang dengan orang lainnya akan memaknakan secara berbeda. Namun ada tanda-tanda yang menunjukkan adanya perasaan cinta:
  • Unsur ketertarikan dan kekaguman
cinta pada umumnya didahului oleh rasa ketertarikan dan kekaguman, baik itu secara fisik, sifat, kebiasaan, maupun materi.


  • Teringat terus dalam ingatan
Perasaan cinta membuat seseorang akan selalu mengingat orang yang dicintainya


  • Adanya pengorbanan
Perasaan cinta membuat orang ingin melakukan apa saja demi membahagiakan dan menyenangkan orang yang dicintainya

  • Adanya ketertarikan seksual
Biasanya perasaan cinta membuat orang memiliki rasa ingin selalu bertemu serta keinginan bersentuhan secara fisik.


Unsur Dalam Segitiga Cinta 

Teori segitiga cinta dikembangkan oleh Robert J. Sternberg seoraang psikolog di Tufts University, menurutnya ada tiga unsur dalam segitiga cinta, yaitu:

  • Komitmen adalah upaya sadar untuk menjaga hubungan

  • Keintiman adalah kedekatan emosional, yang melibatkan tingkat kepercayaan yang tinggi antara dua individu

  • Gairah adalah perasaan romantis, ketertarikan secara fisik dan seksual

Tingkatan Cinta


Cinta juga memiliki tingkatan yaitu tingkat tinggi, menengah, dan rendah. 

  • Tingkatan tinggi yaitu cinta kepada Tuhan yang menguasai alam semesta ini, karena tanpa kekuasaannya kita tidak dapat hidup di bumi ini dan tidak dapat merasakan cinta. Cinta kepada Allah dan Rasulnya yaitu Nabi Muhammad SAW karena ia akan membawa kebenaran kepada umatnya.

  • Tingkatan Menengah yaitu cinta kepada kedua orang tua kita yang telah membesarkan serta merawat kita dengan penuh kasih sayang, Kasih seorang ibu sepanjang masa karena telah berjuang dengan cintanya mengandung kita selama 9 bulan. Selain itu cinta kepada keluarga seperti istri, anak, adik, kakak, dll.  juga termasuk menengah. 

  • Tingkatan Rendah yaitu cinta kepada seseorang yang spesial di hidup kita seperti teman, sahabat, atau pacar yang telah menemani hari-hari kita.

Cinta adalah anugerah yang diberikan oleh sang Pencipta kepada mahluk-mahluknya, untuk itu syukurilah hidup ini dan isi kehidupan dengan cinta, dengan begitu hidup akan menjadi tentram dan damai. 



referensi:

MKDU Ilmu Budaya Dasar
http://belajarpsikologi.com/memahami-makna-cinta/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/ilmu-budaya-dasar-59/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/ikaps-manusia-dan-cinta-kasih/
http://id.wikipedia.org
http://dunia-ramal.blogspot.com











No comments:

Post a Comment