Pages

Monday, November 4, 2013

Bill Gates: Internet Tidak Begitu Dibutuhkan

Jakarta - Bill Gates, pendiri dan bos Microsoft, mengkritik upaya kemanusiaan Facebook dan Google untuk menyediakan internet murah di negara berkembang. Menurutnya, hal itu tidak tepat sasaran. Bagi masyarakat miskin, internet menurut Gates tidak begitu dibutuhkan.

Bill Gates sendiri aktif dalam yayasan kemanusiaan Bill & Melinda Gates Foundation. Yayasan ini menyumbangkan banyak bantuan untuk masyarakat miskin, seperti vaksin dan sanitasi bersih.

"Saya tentu saja suka dengan hal-hal yang berbau teknologi informasi. Namun jika kita ingin meningkatkan taraf kehidupan, Anda harus mengurusi hal-hal mendasar seperti nutrisi untuk anak-anak," tukas pria terkaya di dunia ini.

"Komputer itu, dalam derajat kebutuhan manusia, tidak berada dalam urutan lima besar," tambahnya, yang dikuti detikINET dari NYDailyNews, Senin (3/11/2013).

Facebook baru-baru ini mengumumkan inisiatif internet untuk semua orang, Mark Zuckerberg, bekerja sama dengan perusahaan raksasa seperti Samsung, mendirikan Internet.org untuk menyediakan akses internet di negara miskin.

Sedangkan Google mengembangkan proyek balon internet bernama Project Loon. Balon tersebut akan memancarkan akses internet ke daratan di lokasi terpencil.

Gates menegaskan bahwa menyediakan vaksinasi bagi orang miskin lebih penting ketimbang akses internet. "Jika Anda berpikir bahwa konektivitas adalah sesuatu yang kunci, itu bagus. Tapi saya tidak sependapat," pungkas dia.


Analisis:


Saya setuju dengan pernyataan Bill Gates, memang internet sudah menjadi Hak Asasi Manusia yang membutuhkan informasi. Tetapi dilihat dari sasaran yang diberikan kepada rakyat miskin merupakan hal yang kurang tepat, meskipun mendapat layanan internet murah tetapi rakyat miskin lebih membutuhkan bantuan seperti makanan, tempat tinggal yang layak, kesehatan, dan pendidikan. Faktanya banyak orang dewasa di masyarakat miskin yang belum bisa membaca,menulis, dan berhitung, menyediakan internet di kondisi masyarakat seperti itu sangat kurang efektif. Seharusnya masyarakat diberikan pendidikan dasar lalu dilanjutkan tentang pengenalan teknologi komputer agar masyarakat bisa lebih kreatif, produktif, dan berinovasi yang tidak lain tujuannya adalah meningkatkan taraf hidup.

No comments:

Post a Comment