Pages

Friday, June 20, 2014

Protein, The Builder

Pada dasarnya manusia membutuhkan makanan, yang akan menunjang kesehatan serta kelangsungan hidup manusia. Manusia memerlukan makanan untuk tumbuh, berkembang, bereproduksi. Tanpa makanan manusia tidak akan bertahan, sistem kekebalan tubuh akan menurun karena kurangnya pasokan nutrisi.
Adapun nutrisi yang dibutuhkan manusia, diantaranya adalah air, karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Bicara tentang nutrisi, adasalah satu nutrisi yg memiliki peran dalam pertumbuhan serta zat pembangun tubuh dan juga merupakan penyusun utama dalam perkembangan mahluk hidup.
apa itu protein? Protein merupakan kelompok dari makromolekul organik kompleks yang diantaranya terkandung hidrogen, okisgen, nitrogen, karbon, fosfor dan sulfur serta terdiri dari satu atau beberapa rantai dari asam amino.

Banyak dari kita mungkin belum tahu fungsi- fungsi protein, rotein selain berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh, protein juga berfungsi sebagai penyokong berbagai aktifitas organ tubuh dan metabolisme. Fungsi protein bagi tubuh banyak sekali, berikut adalah beberapa fungsi protein :

  • setiap gram protein menghasilkan 4,1 kalori yang cocok untuk sumber energi
  • mengatur metabolisme tubuh
  • protein dapat menjadi alternatif asupan energi utama untuk yang sedang diet gula
  • menjaga keseimbangan antara asam dan basa dan keseimbangan cairan di dalam tubuh
  • protein membantu proses pertumbuhan anak dan remaja
  • membantu kerja tubuh untuk menghancurkan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh

Kebanyakan orang mencari zat protein pada telur. Telur memang dikenal sebagai makanan kaya protein. Namun bukan hanya telur yang bisa menjadi sumber protein, ada 3 makanan yang memiliki lebih banyak protein daripada telur.
Apa saja makanan sumber protein selain telur?

Greek Yoghurt
Jika Anda mencari protein, yogurt Yunani atau Greek yogurt polos bebas lemak adalah jawabannya. Dalam Greek yogurt ini terdapat 2 kali protein lebih banyak dibanding yogurt biasa. Teksturnya pun lebih tebal dan lembut. Greek yogurt bisa menjadi sumber penting dari protein untuk porsi yang relatif kecil. Rasanya pun lezat meski disajikan polosan, atau bisa juga disertai dengan buah segar atau madu.

Kacang Kedelai Panggang
Kacang kedelai juga termasuk makanan yang memiliki lebih banyak protein daripada telur. Seperempat cangkir camilan ini mengandung 15 gram protein, bersama dengan dosis serat dan potassium yang cukup besar. Ini adalah bahan yang sempurna untuk dimasukkan dalam menu makanan Anda.
Kacang kedelai merupakan salah satu protein tanaman yang mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh kita. Menurut Christine Gerbstadt, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet, seluruh makanan kedelai adalah pengganti daging yang setara. Tak hanya daging, makanan ini bisa jadi pengganti yang ideal untuk unggas dan telur. 

Spirulina Kuning
Makanan yang memiliki lebih banyak protein daripada telur berikutnya adalah spirulina. Tak hanya mengandung berbagai vitamin, tapi juga sumber protein utama. Protein Spirulina kering dapat mencapai 72 persen, dengan kandungan asam amino yang cukup seimbang, kecuali asam amino yang mengandung sulfur. Kandungan vitaminnya tinggi, terutama vitamin B12.
Spirulina telah digunakan secara tradisional sebagai suplemen alami bagi yang sedang diet ,atau bagi orang yang membutuhkan nutrisi lebih seperti atlet. Hanya dengan dua sendok makan, rumput laut kering ini sudah mengandung delapan gram protein untuk 40 kalori. Menakjubkan, kan? Cobalah percikan spirulina di atas salad, atau konsumsi spirulina bersama sayuran panggang.

Referensi:
http://ayokesehatan.blogspot.com/2014/01/pengertian-protein-fungsi-protein-dan-sumber-protein.html
http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/06/makanan-sumber-protein-selain-telur




No comments:

Post a Comment