Pages

Thursday, June 19, 2014

Ramadan, The Sacred Month

1435 H
Alhamdulillah
Ramadan is coming, prepare yourself

Mungkin kurang dari satu minggu lagi umat muslim akan menyambut datangnya bulan suci ramadan, yaitu bulan yang sangat berlimpah rahmat serta kebaikan di dalamnya. Siapa yang tidak mau amal ibadahnya dilipatgandakan pada bulan ini? sebagai umat beriman tentu saja ingin mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya dari momen yang hadir setahun sekali ini.

Sangat perlu diketahui, bulan Ramadan adalah bulan yang terlalu banyak melimpah kelebihannya. Bulan dimana terdapat suatu malam yaitu malam Lailatul Qadr dimana malam ini lebih baik daripada seribu bulan. Pada bulan ini pintu-pintu syurga akan dibuka selebar-lebarnya dan pintu-pintu neraka akan ditutup serta syaitan akan diikat, guna memberi peluang manusia membersihkan hati dan mendekatkan diri dengan cara banyak beribadah. Amal-amal ibadah dan kebajikan digandakan Allah di mana yang sunat diberi pahala wajib/fardhu dan yang fardhu menyamai 70 fardhu di bulan-bulan yang lain.

Diantara kelebihan diatas masih banyak kelebihan di bulan Ramadan. Kita patut bersyukur masih diberikan kesempatan bertemu dengan Ramadan tahun ini sebab pada saat inilah momen kita membekali diri dengan pahala guna mempersiapkan diri jika dipanggil sang Ilahi. 

Sebelum datangnya Ramadan, alangkah baiknya kita mempersiapkan diri dengan cara mengenali serta memperbaiki diri. Bacalah tentang kelebihan-kelebihan amalan yang hanya ada di bulan Ramadan serta pahami dengan rinci. Jika Ramadan adalah bulan yang suci, maka alangkah baiknya kita memperbaiki hubungan kita dengan Tuhan (Hablum Minallah), segeralah bertaubat untuk mensucikan hati. Selain itu perbaiki hubungan dengan sesama manusia (Hablum Minannas) sebab bisa jadi mereka pernah sakit hati atau terdzolimi dengan ucapan dan perbuatan kita yang disengaja maupun tak disengaja.

Masih punya hutang puasa? jika masih ada segeralah bayar hutang tersebut agar tidak menjadi beban dalam menjalani puasa tahun ini. dan yang tidak kalah penting, siapkanlah budget lebih untuk bersedekah di bulan ini, ingat segala bentuk kebaikan akan diganjar berkali-kali lipat, jadi banyak-banyaklah bersedekah.

Sebelum benar-benar dan memasuki bulan ramadan, jagalah kesehatan mulai sekarang, karena puasa dan segala rutinitas kita sehari-hari akan membutuhkan kesehatan fisik. Jadi, janganlah sampai kita jatuh sakit dan tidak bisa beribadah dengan maksimal pada kesempatan ramadan ini.

Tunggu apalagi, segera persiapkanlah mulai dari sekarang




No comments:

Post a Comment